Budaya

4 Musim Menakjubkan ini Bikin Kamu Nyesel Kalau Nggak Datang Ke Jepang

05 February

Semua orang tentu sudah nggak asing dengan Jepang. Bukan hanya berkembang pesat dalam hal teknologi, serial komik dan kartunnya juga jadi favorit nomer wahid di penjuru dunia. Dalam hal budaya dan wisata, Jepang juga nggak bisa dipandang sebelah mata. ‘Negeri Matahari Terbit’ ini bahkan terkenal memiliki beragam destinasi yang keindahannya bisa bikin lutut lemas.
Jadi, nggak heran kalau Jepang selalu jadi tujuan bagi para wisatawan asing untuk menghabiskan waktu liburan. Begitu banyak hal menakjubkan yang bisa ditemukan hanya di Negeri Sakura. Dan empat musim inilah yang pasti bikin kamu nyesel kalau nggak kunjungi Jepang.

1. Sakura di Musim Semi, Bikin Orang Nggak Bisa Berhenti Selfie

Keindahan bunga Sakura memang sudah tersohor ke seluruh penjuru dunia. Pohon besar yang berjajar dengan bunga merah muda tersebut memang nggak bakal bisa ditemui di negeri selain Jepang. Tiap musim semi tiba, bunga Sakura akan serentak bermekaran.

Mari melihat langsung bunga Sakura dari video ini

Sukura di Musim Semi [image source]

Oh, iya, tiap musim semi datang, Taman Ueno merupakan lokasi favorit masyarakat Jepang untuk menikmati pemandangan Sakura. Taman ini dikenal sebagai salah satu destinasi wisata untuk melihat Sakura sejak zaman Edo (1603-1868). Lokasi ini tidak hanya ramai di siang siang hari, bahkan ketika malam datang, masih banyak orang yang menatap indahnya bunga khas Jepang ini.

Penampakan Taman Ueno

TAMAN UENO
Tentu saja itu pemandangan yang sangat menakjubkan. Sejauh mata memandang, dipenuhi dengan bunga yang perlahan berguguran diterbangkan angin. Momentum tersebut tentu sayang jika dilewatkan. Makanya, para pengunjung yang datang pasti ingin mengabadikan mekarnya Sakura dengan berfoto-foto narsis. Selfie dari segala penjuru dan sudut pandang itu hukumnya wajib, bener nggak? 
Kalau ngomongin wisata, pasti nggak sempurna kalau nggak ngebahas kulinernya. Oke, setelah lelah berjalan-jalan di taman Ueno, kita lanjutkan misi nyobain makanan khas musim semi dari Jepang:

Sakura Mochi

Sakura Mochi [image source]
Kue ini adalah makanan khas Jepang yang biasanya disajikan saat musim semi tiba. Terbuat dari tepung beras dan juga air. Sementara untuk bagian tengahnya adalah pasta kacang merah yang manis. 

Ichigo Daifuku

Ichigo Daifuku [image source]
Makanan manis khas Jepang satu ini terbuat dari tepung beras dan kacang azuki. Di bagian tengahnya, terdapat buah stroberi.  Makanan ini begitu terkenal di Negeri Sakura. Dan paling cocok disandingkan dengan teh hijau.

Umeboshi Onigiri

Umeboshi Onigiri [image source]

Ume atau buah plum juga begitu melimpah saat musim semi. Biasanya masyarakat memanfaatkan Ume untuk membuat acar. Rasanya enak, antara asam dan asin. Biasanya orang Jepang juga menggunakannya sebagai isian nasi kepal atau onigiri.
Usai musim semi, kita lanjut ke musim selanjutnya, cus!

2. Festival Hanabi Musim Panas, Pasti Bikin Kita Gemas

Salah satu hal yang menakjubkan dari Jepang adalah dari segi budaya yang pasti terjaga. Hingga saat ini, tradisi festival musim panas masih terus berjalan meski zaman semakin modern. Kita ungkit salah satu festival tersohor dari negeri Sakura, yaitu Hanabi. Merupakan pesta kembang api yang dilakukan oleh seluruh penjuru Jepang pada pertengahan bulan Agustus. Pada saat itu, semua warga akan mengenakan pakaian tradisional, yaitu kimono.

Awas, video ini menyebabkan kamu ngebet pergi ke Jepang

Serunya jalan-jalan di acara festival [image source]

Berkumpul di lokasi yang terlihat seperti pasar malam, festival diawali dengan beragam permainan seperti menangkap ikan, membeli permen apel dan beragam permainan seru lainnya. Dan puncaknya adalah ketika kembang api dinyalakan. Suasana langit di malam musim panas akan bergitu indah. Sayang jika dilewatkan.
Sebenarnya, bukan hanya malam musim panas saja yang menyengangkan. Siang hari, bisa pula menghabiskan liburan di lokasi wisata favorit. Pantai Maehama di Okinawa adalah salah satunya.

Keindahan Maehama Beach di Okinawa

Maehama Beach di Okinawa [image source]
Merupakan salah satu pantai terbaik di Jepang. Di musim panas yang begitu terik, kamu bisa menghabiskan waktu dengan berenang di pantai. Tak hanya berenang, kamu juga bisa snorkling, scuba diving, atau mau voli pantai saja?? Boleh, dengan hamparan pasir putih halus, kamu pasti nggak bakal ngerasa sakit meski jatuh di sana.
Setelah lelah berlarian dan kepanasan di pantai Maehama, waktunya cari pendingin. Jepang biasanya menyajikan kuliner khas musim panas yang bisa bikin jiwa dan raga jadi adem. Apa saja itu?

Kakigori

Es bikin gemes gini, yes! [image source]
Es serut khas Jepang. Terbuat dari es batu yang diserut, kemudian diberi sirup dan juga susu. Biasanya dijual juga di acara festival kembang api. Atau di kedai-kedai musim panas.

Soumen 

Soumen Sruputtt [image source]
Mie gandum yang disajikan dalam mangkuk yang berisikan es, dicampur dengan saus yang terbuat dari abon ikan. Menu ini biasanya juga ditawarkan restoran Jepang saat musim panas tiba.

 Hiyashi Chuuka

Hiyashi Chuuka [image source]
Merupakan mie ramen yang didinginkan. Dicampur dengan irisan daging dan sayuran kemudian dibasahi dengan cuka dingin, jahe dan kecap. Hmm... kelihatannya nyami banget, ya.
Oke, kita lanjut ke musim selanjutnya...

3. Romantisnya Momiji di Musim Gugur, Bikin Semua Pasangan Tergiur

Bergeser ke musim gugur, kali ini biarkan Momiji yang pamer kecantikannya. Di Indonesia yang hanya mempunyai dua musim ini, tentu menikmati aktivitas musim gugur bisa jadi pengalaman tersendiri. Terlebih, ada rimbunnya taman Momiji berwarna kecoklatan. Wuh, bisa dibayangkan betapa indahnya daun menyerupai jari itu berguguran tertiup embus angin.

Keindahan Jepang saat musim gugur, awas ngiler!

Sumpah, demi cinta kita! Aku pengen ke sini, Yang [image source]

Lebih sempurna lagi kalau jalan-jalan kita ditemani pasangan. Bergandengan tangan di bawah pohon Momiji, sungguh sebuah kesempatan yang nggak bakal kita temukan jika nggak ke Jepang.
Dan inilah lokasi yang kerap kali dikunjungi wisatawan tiap musim gugur datang:

Shinjuku Gyoen

Shinjuku Gyoen [image source]
Untuk menikmati musim gugur, Shinjuku Gyeon National Garden bisa jadi pilihan. Untuk masuk taman ini, kamu harus membayar ¥200. Bagian paling cantik dari taman ini adalah Momiji Yama. Di sana, kamu bisa melihat perubahan warna daun musim gugur yang romantis. Bagaima? Kamu tertarik?
Pastinya! Terlebih, nih, saat itu kamu juga bakal ngerasain makanan khas musim gugur. Apa saja? Ini beberapa contoh makanan musim Aki.

Matsutake Gohan

Matsutake Gohan [image source]
Matsutake adalah jamur khas Jepang yang hanya ada di musim gugur. Jamur tersebut memiliki bau harum yang kuat. Jamur ini bisa diolah menjadi beragam masakan seperti matsutake gohan atau sup osuimono.

Dorayaki

Dorayaki [image source]
Eh, kalau kue ini kok identik sama Doraemon, ya? haha... sebenarnya, bukan robot kucing itu saja yang suka makan Dorayaki. Masyarakat Jepang juga suka menyajikan kue ini saat musim gugur. Kue ini adalah sejenis pie yang diisi dengan kuri, yaitu bahan yang melimpah saat autumn

 Kuri

Kuri dan Ketan [image source]
Merupakan lambang dari musim gugur di Jepang. Kuri biasanya disajikan setelah direbus terlebih dahulu. Biasanya, orang Jepang juga menyajikan kuri dengan ketan. 
Baiklah, mari kita lanjutkan ke satu musim lagi yang nggak kalah menarik.

4. Salju di Atas Gunung Fuji, Sungguh Bikin Adem di Hati

Beralih pada simbol Jepang yang lain, apa lagi kalau bukan Gunung Fuji. Rupanya, gunung setinggi 3.776 meter ini begitu disucikan oleh masyarakat setempat. Selain itu, gunung ini disebut-sebut merupakan yang paling indah di seluruh penjuru Jepang. Terlebih, lokasinya begitu terawat dan sangat ramah pendaki.

Pesona Gunung Fuji di musim dingin

Gunung Fuji di Musim Salju [image source]

Hmm... bisa juga melihat primadona Jepang ini dari sudut lain, kita melihatnya dari Danau Kawaguchi, pesona keindahannya nggak bakal terbantahkan. Mari manfaatkan kamera untuk mengabadikan gunung yang ditetapkan sebagai salah satu dari delapan warisan dunia oleh Perserikatan Bangsa Bangsa. Puas menikmati keindahan Fuji, boleh dong memanfaatkan lebatnya salju buat main ski? Boleeeh! Nah, di Jepang tuh punya banyak lokasi andalan untuk bermain ski yang bener-bener bikin wisatawan kepincut, salah satunya ini, nih:

Shiga Kogen 

Shiga Kogen [image source]
Lokasi Shiga Kogen berada di daerah Yamanouchi. Memiliki wilayah bermain ski paling besar di Jepang. Daerah ini juga punya lebih dari 20 resor dan bisa juga langsung bermain ski di sana. Selain ski, bisa juga kamu bermain snowboard, hiking atau sekadar menikmati pemandangan sambil foto-foto.
Setelah seru-seruan di salju yang ademnya ampun-ampunan, waktunya nyari anget-angetan nih. Nikmatin kuliner khas Jepang di musim dingin kayaknya enak tuh. Apa aja, sih? Intip yuk!

Yudofu

Yudofu hangat, makyusss [image source]
Yudofu adalah sup tahu lembut. Cara memasaknya adalah direbus bersama kaldu dan juga beragam sayuran. Yudofu biasanya disajikan bersama saus ponzu atau yuzu kosho yang terbuat dari bubuk cabai, kulit jeruk dan juga garam.

Yosenabe 

Yosenabe! Wenak anget-anget [image source]
Merupakan sup tradisional khas Jepang yang berisi daging, beragam makanan laut dan juga sayuran. Sup tersebut dimasak dalam panci panas. Selain rasa Yosenabe yang begitu nikmat, sup ini juga bermanfaat menghangatkan tubuh di tengah udara dingin.

 Tori Zosui

Tori Zosui, Nyaaami [image source]
Kuliner khas musim dingin selanjutnya adalah Tori Zosui. Merupakan olahan nasi yang terlihat mirip bubur. Makanan tersebut dimasak bersama potongan ayam dan juga sayuran. Tori Zosui ini begitu lezat disantap selagi masih hangat.
    Masing-masing musim di Jepang memang membawa keindahan yang luar biasa. Pesonanya, tentu nggak bakal ditemukan di negeri lain. Sudah punya gambaran kapan pergi ke Jepang?
    Tapi, kayaknya masih banyak yang berpikir kalau Wisata ke Jepang itu ribet. Iya, ribet! Tapi itu kalau kita hidup di zaman kuno. Di era modern ini, transportasi bukan jadi masalah. Terlebih ada H.I.S Travel Indonesia yang akan memudahkan perjalanan kamu.
    HIS Travel Indonesia merupakan solusi wisata elegan tanpa bikin kantong disengsarakan. H.I.S dapat membantu melayani kamu untuk perjalanan individual maupun grup untuk tujuan domestik ataupun internasional. Kenapa harus H.I.S? Ini adalah lima alasannya:
    paket wisata ke Jepang

    Kenyamanan Servis
    H.I.S bertanggung jawab untuk mendukung kebutuhan perjalanan kamu mulai dari reservasi sampai kembali ke rumah. Kamu juga bisa konsultasi juga dengan para staf yang siap untuk melayani. Hmm, sampai bisa konsultasi juga ya, asal jangan tanya kapan ketemu jodoh aja.

    Global Network menjamin keamanan kamu
    H.I.S juga punya jaringan jaringan global yang mendukung perjalanan kamu. Dengan sistem terbaik melayani mulai dari reservasi sampai kamu balik nanti! Jadi, kamu nggak perlu khawatir atau was-was selama liburan jauh dari tanah air.

    Harga itu lho, terbaik! Langsung dari cabang luar negeri
    Cabang H.I.S di Jepang nawarin harga terbaik buat hotel kapanpun dibutuhkan. Inilah yang dimaksud nggak bakal bikin dompet disengsarakan.

    Unggul dalam Individual Tour
    H.I.S menyediakan beragam tour sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu. Kamu bisa mulai pesan tiket, hotel, opsional tour, kereta, sewa mobil sampai bantuin kamu ngurus visa! Wow, kurang apa lagi coba?
    Info lebih lanjut tentang H.I.S klik di sini
    Unggul dalam perjalanan ke Jepang
    H.I.S berdiri sejak tahun 1980. Hingga saat ini, perusahaan travel tersebut sudah sangat terkenal di Jepang. H.I.S setidaknya memiliki 273 di Jepang. Nah, dengan pengalaman selama itu, tentu H.I.S nggak perlu diragukan lagi untuk menjadi pilihan perjalanan ke Negeri Sakura.
    Kabar baiknya, H.I.S juga punya paket khusus buat kamu yang pengen berlibur ke Jepang bersama kerabat atau saudara. Salah satu paket hemat tersebut adalah 8D/6N JAPAN SAKURA Departure : 05, 06 APR 2017. Berlaku untuk minimal 20 orang, dengan IDR 27.898.000++ kamu bisa liburan ke Jepang selama 8 hari 6 malam. Dan tour point-nya adalah sebagai berikut:
    1. Visit Japan : Asakusa Kannon Temple - Taman Ueno - Gunung Fuji - Kyoto - Osaka
    2. Shopping at Nakamise Street, Gotemba Premium Outlet and Shinsaibashi
    3. Photostop at Hachiko Statue
    4. Tour leader from HIS Travel Indonesia
    5. Asuransi Perjalanan
    6. Sudah termasuk PPN 1%
    7. Makanan dan juga rencana perjalanan.

    Serunya lagi, selama kamu di Jepang, kamu nggak perlu khawatir kehilangan koneksi internet. Sebab, H.I.S juga menyediakan jasa sewa wifi dengan harga yang ekonomis. Kamu tetap bisa narsis di jejaring sosial media, sambil berbagi pengalaman amazing saat berada di Jepang pada teman-teman kamu.

    Khusus buat kamu yang pengen liburan ke Jepang ada HAnavi yang menyediakan apa yang kamu butuhkan. Tunggu! Apa sih HAnavi itu? Merupakan hasil kerjasama H.I.S dengan dengan ANA (All Nippon Airways) yang bakal memudahkan liburan kamu. Apa saja keuntungan yang ditawarkan HAnavi?
    Hemat Waktu
    Perjalanan dilakukan dengan pesawat yang jam terbangnya bisa kamu pilih.

    Harga Lebih Murah
    Paket penerbangan domestik dan juga hotel dengan diskon yang super gede! Kapan lagi bisa liburan ke luar negeri dengan harga murah? Udah, HAnavi aja.

    Bermacam-macam Pilihan Penerbangan dan Hotel
    Ada beragam pilihan kombinasi jaringan domestik dan hotel sesuai dengan rencana kamu. Setidaknya, ada 800 penerbangan dan juga 3.500 hotel di Jepang. Kamu bisa pesan penerbangan dan juga hotel secara bersamaan dengan harga yang pastinya sangat terjangkau!
    Info selengkapnya, bisa klik banner di bawah ini:
    paket wisata ke Jepang

    Untuk bisa berkeliling Jepang menggunakan kereta, JAPAN RAIL PASS adalah kunci praktis dan ekonomisnya. Namun, ada beberapa batasan yaitu, JR PASS baik Ordinary maupun Green tidak berlaku untuk kereta MIZUHO dan NOZOMI, yaitu jalur Tokaido, Sanyo, dan Kyushu. Kamu bisa membeli JR PASS di cabang-cabang HIS Indonesia, seperti Bandung, Jakarta, Jogjakarta dan Surabaya.

    Siapa saja sih, yang bisa naik JR PASS? 

    JR PASS adalah tiket khusus buat kamu wisatawan luar negeri yang ingin berkunjung ke Jepang untuk liburan. Adapun ketentuannya adalah sebagai berikut:
    • Wisatawan Asing yang datang ke Jepang untuk liburan dengan status 'Pengunjung Sementara'
    Seperti apa itu pengunjung sementara? Menurut Undang-undang Imigrasi Jepang, pengunjung yang tinggal di Jepang selama 15 hari sampai 90 hari dengan tujuan liburan. Jika kamu mengajukan visa ketika masuk Jepang, petugas imigrasi akan memberikan cap paspor "pengunjung sementara" nah, hanya yang punya cap pengunjung sementara itulah yang bisa menggunakan JR PASS.
    • Orang Jepang yang tinggal di negara luar.
    1. Orang Jepang yang tinggal di negara luar karena memenuhi syarat 
    2. Orang Jepang yang menikah dengan orang luar Jepang dan tinggal di luar Jepang.

    Apa saja tipe yang ditawarkan JR PASS? Dan berapa harganya?

    JR PASS memiliki dua tipe, yaitu Ordinary dan Green. Masing-masing tipe tersebut memiliki tiga macam durasi, mulai dari 7 hari, 14 hari, sampai 21 hari. Berikut ini adalah daftar harganya dalam bentuk rupiah.
    Sumber : http://his-travel.co.id/jrpass
    Kamu juga bisa melakukan booking secara online dengan menghubungi HIS Jakarka Call Center di nomer: 021 - 574 1701 selama jam kerja, Senin-Sabtu jam 09.00-17.00.

    Oh, iya adapun penampakan kereta yang digunakan adalah seperti ini:
    Hakuriku Shinkansen [sumber gambar]
    Tohoku Shinkansen [image source]

    Untuk info lebih jelas tentang JR PASS, bisa klik banner di bawah ini:
    JRPASS

    H.I.S memang memudahkan liburan kita. Terlebih, travel satu ini bakal selalu siap nemenin kita berwisata di musim apapun. Dijamin kita akan mengalami sensasi berwisata yang nggak bakal ditemukan selain di Jepang.Yuk, berangkat bareng His Travel Indonesia. Semua musim sepertinya sangat menarik dikunjungi ya. Kamu, paling suka musim apa?

    Sebelum berangkat, pastikan kamu memilih paket yang tepat. H.I.S menyediakan Paket Tour Wisata ke Jepang dengan harga yang murah meriah. Bila masih ragu, kamu juga bisa berkonsultasi lebih dulu dengan staf H.I.S mengenai tempat paling menarik di Jepang, pusat pembelian oleh-oleh, seputar kuliner di sana, bahkan cara jalan-jalan di Jepang dengan murah. Silakan klik banner di bawah ini untuk menghubungi staf H.I.S Travel Indonesia.
    paket wisata ke Jepang

    Kamu juga punya kesempatan buat jalan-jalan gratis ke Jepang dengan mengikuti kompetisi blog yang diadakan oleh H.I.S Travel Indonesia. Untuk info lebih lanjut, klik saja banner di bawah ini.

    HIS Amazing Sakura - Blogger Competition




    You Might Also Like

    16 komentar

    1. Huwih! Asik koyoke Nik piknik pas Sakura. Ojo makan sop2an tapi. Kecemplung ngkok. Hehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. asik, mas... ayo, samean nggak pengen bulan maduan ke Jepang a?

        Delete
    2. Cita2ku waktu kecil adalah ke Jepang dan melihat pohon sakura

      ReplyDelete
    3. Pemandangannya keren2, :D Ups, pesona Indonesia nggak boleh kalah sama Jepang.

      ReplyDelete
      Replies
      1. yup, Indonesia juga nggak kalah. aku sering eksplor Indonesia, kalau sekarang, pengen deh eksplor negeri Sakura

        Delete
    4. enakan di Jawa, musimnya banyak....
      ada musim duren, musim rambutan...
      satu lagi yang paling ditunggu,terutama buat para jomblo. Musim kawin....
      :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. Golekno bojo aku om, tak ndang kawin wkwkwkwk

        Delete
      2. lho, wis onok inceran ngono lho.....???!
        Wis gek ndang di tegesi...

        Delete
      3. Bukan kodrat wanita buat jadi teges, ah, om iki.

        Delete
    5. Kalau Taman Sakura di Bogor udah ada.... malah tertarik kuliner e aku wkwkwk. Aduh, blog ku tak semewah sampean kate melu kompetisi sing genah ae? semoga menang ya...

      ReplyDelete
      Replies
      1. aku selalu berdoa, kakak :)
        makasih sudah mampir...

        Delete
    6. pokok e aku kudu harus wajib nang Jepang!

      ReplyDelete

    SUBSCRIBE

    Like us on Facebook