Info

Lima Satwa Langka yang Hanya Ada di Indonesia

03 August

Sebagai warga Indonesia, memang sudah seharusnya kita bangga dengan kekayaannya. Negeri kita memiliki banyak sekali keistimewaan baik dari pemandangan alamnya yang memukau, tanah susbur, air melimpah serta kekayaan satwa di sekitarnya. Beberapa satwa bahkan hanya bisa ditemukan di Indonesia, tak tidak ada di negeri lain. Dan berikut ini adalah lima satwa langka yang hanya bisa di temukan di negeri kita.

Elang Flores

Elang Flores memiliki populasi sangat kecil, diperkirakan hanya sekitar 250an. Burung pemangsa yang gagah ini memiliki tinggi sekitar 55 cm dengan bentuk tubuhnya yang sedang. Elang ini hanya ada ddi pulau Flores, Lombok, Paloe, Komodo dan Rinca. Elang Flores memiliki ciri berwarna cokelat kehitaman dengan dada berwarna putih merah.

Cendrawasih Botak

Nama Cendrawasih tentu sudah tak asing di telinga kita. Hewan endemik yang hanya ada di Papua. Burung ini sangatlah cantik, namun populasinya juga makin sedikit. Cendrawasih Botak bahkan termasuk hewan yang terancam punah. Bukan mustahil burung pemakan buah-buahan dan serangga kecil ini akan benar-benar menghilang dari peradaban jika kita tidak menjaga populasi mereka.

Komodo

Nama komodo bisa jadi sudah tidak asing lagi bagi kita. Namun, tak semua orang bisa melihat satwa langka ini. Sebab, binatang ini hanya bisa ditemukan di pulau-pulau sekitar Nusa Tenggara. Komodo adalah binatang sejenis kadal dengan ukuran hingga tiga meter dan berat mencapai 70 kg. Komodo merupakan salah satu maskot Indonesia yang di mata Internasional. Satwa langka ini memiliki habitat alami di pulau Komodo, Flores, Gili Motang, dan Nusa Tenggara.

Jalak Bali

Binatang Langka selanjutnya adalah Jalak Bali. Burung ini sangat langka dan hanya bisa ditemukan di Pulau Bali. Populasi burung tersebut sangatlah sedikit, dikhawatirkan jika tidak dijaga, binatang tersebut akan benar-benar punah. Burung Jalak Bali memiliki ciri bulu berwarna putih pada tubuhnya, sementara pada ekor dan sayap berwarna hitam. Pada bagian pipi, Jalak Bali memiliki warna biru. Merupakan satwa yang unik dan cantik, tak heran jika Jalak Bali kerap dijadikan obyek melukis.

Kucing Merah Kalimantan

Kucing yang juga biasa disebut Borneo Bay Cat ini adalah satwa langka yang dimiliki pulau Kalimantan. Warna kucing tersebut adalah cokelat kemerahan. Kucing ini memiliki ciri khas, yaitu garis  berwarna muda di bagian pipi dan kening. Tubuh kucing langka ini tak begitu besar, beratnya hanya berkisar 2,3 kg sampai 4,5 kg. Kucing ini hanya bisa ditemukan di Kalimantan, dan hidupnya di hutan tropis.
Mencintai Indonesia tentu saja juga mencintai berbagai macam satwanya. Bentuk nyata kita dalam mencintai mereka adalah dengan menjaga dan tidak merusak habitat alami yang berupakan tempat tinggal terbaik merkea. Semoga satwa-satwa langka di Indonesia tetap terjaga populasinya.



You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE

Like us on Facebook