Budaya

Lima Lomba yang Bisa Semarakkan Bulan Kemerdekaan

02 August

Bulan Agustus memang dikenal sebagai bulan kemerdekaan. Momen tersebut biasanya dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk merayakan hari kemerdekaan. Sepanjang bulan, biasanya masyarakat melakukan banyak sekali perencanaan untuk memeriahkan momen berharga tersebut. Beberapa diantaranya adalah dengan mengadakan lomba-lomba kocak. Dan berikut ini adalah lima lomba paling populer yang selalu mewarnai bulan Agustus di Indonesia.

Balap Karung

[ Image Source ]
Lomba lari mungkin sudah biasa, namun jika para pelari harus memasukkan separuh badan mereka ke dalam karung, itu baru luar biasa, dan juga kocak. Tentu saja perlombaan ini selalu sukses mengocok perut para penonton. Para atlet balap karung harus berlari secepat mungkin, atau bahkan melompat karena kedua kaki sulit digerakkan di dalam karung.

Lomba Kelereng

[ Image Source ]
Kelereng adalah permainan anak yang populer di tahun 1990-an hingga awal 2000an. Saat ini permaianan kelereng mungkin tidak begitu diminati, namun di momen 17-an, sepertinya kurang afdol jika tidak mengadakan lomba kelereng. Yang dibutuhkan dalam games ini adalah sendok dan kelereng. Para peserta lomba kelereng diharuskan menggigit batang sendok, kemudian kelereng pun diletakkan di bagian ujung cekung sendok. Peserta harus berjalan dengan menjaga keseimbangan kelereng agar tidak sampai jatuh. Yang berjalan paling cepat adalah pemenangnya.

Makan Kerupuk

[ Image Source ]
Sebagai warga Indonesia, memang tak lengkap jika makan tanpa kerupuk. Di momen kemerdekaan ini, masyarakat merayakan dengan mengadakan lomba makan kerupuk. Lomba tersebut cukup sulit, sebab kerupuk digantung dengan tali, sementara para pesertanya dilarang memegang kerupuk tersebut dengan tangan. Hanya mulut saja yang boleh menggapai dan memakan kerupuk tersebut, yang selesai paling awal adalah pemenangnya.

Panjat Pinang

[ Image Source ]
Panjat pinang adalah permainan tak kalah populer di bulan Agustus. Permainan ini memang jauh lebih sulit dari yang lain, cukup menguji adrenalin juga, sebab para pesertanya harus memanjat pohon pinang yang sangat tinggi. Tak hanya itu, pinang tersebut telah lebih dulu diolesi dengan oli, hingga membuatnya sangat licin dan pastinya sulit untuk dipanjat. Namun, berbagai macam hadiah yang digantung langsung di puncak pohon pinang juga cukup menggoda para peserta, hingga membuat mereka pantang menyerah. Sebagian besar peserta memilih untuk bekerja sama, yaitu dengan saling sunggi membentuk formasi, untuk hadiahnya mereka akan berbagi nantinya.

Klompen Raksasa

[ Image Source ]
Klompen atau bakiak raksasa adalah perlombaan untuk kekompakan suatu tim. Satu tim bisa terdiri dari beberapa orang. Jadi, permainan ini membutuhkan kerja sama dan kekompakan tim. Biasanya salah seorang dari tim akan memandu anggotanya agar menyamakan gerak kaki. Satu orang salah melaangkah, maka jatuhlah semua anggota yang lain.
Menyemarakkan bulan kemerdekaan adalah salah satu cara untuk menikmati kemerdekaan sekaligus untuk menyambung silaturahmi dengan para tetangga yang mungkin saja jarang kita temui karena kesibukan bekerja. Selain merayakannya dengan berbagai pesta rakyat, ada baiknya pula mengadakan tasyakuran, sebab saat ini kita menikmati kemerdekaan yang telah susah payah diraih oleh para pejuang di masa lampau.  


You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE

Like us on Facebook