Kuliner

Lima Camilan yang Akan Membuat Anda Rindu Masa Lalu

22 August

Saat ini, peran camilan mungkin bisa dibilang sama pentingnya dengan makanan pokok. Sebab, hampir tiap hari aktivitas Anda selalu ditemani dengan makanan ringan. Sebut saja saat sedang bersantai di depan layar televisi, ada biskuit dan kopi yang menemani. Saat tengah bekerja, juga ada kopi dan chips yang menemani.
Tapi, pernahkah Anda terpikir untuk mencoba camilan kuno yang saat ini sulit dijumpai? Mungkin saat senggang, Anda bisa mencoba untuk membuat lima camilan tempo dulu ini.

Sawut

[ Source ]
Generasi muda saat ini, mungkin ada yang asing dengan nama camilan ini. Padahal, camilan tersebut sangat enak dan juga legendaris. Untuk membuat makanan ini, Anda tak perlu banyak keluar dana. Sebab, yang dibutuhkan hanyalah singkong, gula merah, garam, pandan dan kelapa parut yang digunakan sebagai taburan di atasnya. Makanan ini cocok dinikmati kapan pun dan di manapun. Menikmati sawut dengan bungkus daun pisang, tentu akan membuat Anda merasa rindu dengan masa lalu.

Tiwul

Di zaman penjajahan Belanda, masyarakat Indonesia hanya bisa menikmati hasil panen singkong yang diolah menjadi berbagai macam makanan. Salah satunya tiwul. Namun saat ini, makanan ini sudah sangat jarang dijumpai. Namun, di beberapa kota seperti Yogyakarta masih melestarikannya di pasar-pasar tradisional di sana, namun sayangnya, di berbagai kota lain sepertinya sudah jarang yang melestarikan makanan warisan nusantara ini.

Cenil

Kue basah khas Indonesia ini juga tak kalah enak. Terlebih, kue ini memiliki warna-warni yang menarik. Bahan dasar untuk membuat kue ini adalah tepung kanji, itulah yang membuat tekstur makanan ini kenyal. Disajikan dengan siraman gula merah dan kelapa parut, membuat kue ini cocok dinikmati sembari nonton tv. Biasanya penjual menggunakan daun pisang sebagai kemasan, namun di zaman modern ini, sudah banyak yang mengemasnya dengan mika.

Gatot

Makanan ini tak kalah enak dari yang lain. Namun, banyak sekali anak-anak zaman sekarang yang tak mengenal gatot karena berbagai macam makanan modern yang lebih banyak dijual di sekeliling tempat tinggal. Jadi, jika Anda ingin mengenalkan camilan khas Indonesia pada anak-anak, bisa membuat sendiri dengan menyiapkan singkong, garam dan parutan kelapa. Bahannya sangat sederhana, hanya proses pembuatannya saja yang butuh ketelatenan, karena harus ada proses penjemuran irisan singkong terlebih dahulu.

Getuk

Getuk adalah camilan juga juga terbuat dari singkong. Cara membuatnya sangat mudah, karena singkong hanya perlu dikukus hingga matang, dicampur dengan gula dan digiling dengan menggunakan gilingan khusus. Untuk mendapatkan aroma lebih enak, bisa menambahkan vanili. Jika ingin warna lebih menarik, bisa menambahkan pewarna makanan. Setelah itu tinggal ditaburi parutan kelapa.
Lima makanan di atas mungkin saat ini sudah jarang ditemui. Namun, bukan berarti rasanya kalah dengan makanan modern. Yuk, lestarikan makanan tempo dulu.


You Might Also Like

1 komentar

  1. Dari semua, cuma sawut yang belum pernah kucicip.
    Dulu gak suka gatot karena aromanya yang agak gimanaa gitu, tapi sekarang doyan, hehe

    ReplyDelete

SUBSCRIBE

Like us on Facebook