Budaya

Singgah di Palembang, Anda akan Merasakan Lima Keunggulan ini

03 July

Setiap kota memang memiliki keunggulan tersendiri, salah satunya Palembang. Ibu kota Propinsi Sumatera Selatan yang terkenal dengan pempeknya ini merupakan kota yang sangat direkomendasikan untuk tujuan wisata. Dan sepertinya, tak cukup sehari dua hari waktu yang dibutuhkan untuk menikmati pesona kota satu ini. Sungguh sangat disayangkan jika singgah sesaat saja. Sebab, Palembang punya lima keunggulan ini.

Merupakan kota wisata air

[ Image Source ]
Merupakan salah satu kota yang unggul di bidang pariwisata. Bahkan, mantan presiden Susilo Bambang Yudoyono pernah menetapkan kota ini sebagai kota wisata, khususnya wisata air. Tentu saja hal itu bukan tanpa alasan, hal itu karena Palembang memiliki Sungai Musi, jembatan Ampera, Sungai Gerong dan masih banyak lokasi wisata yang begitu menarik perhatian wisatawan baik lokal maupun interlokal.

Merupakan kota tradisional

[ Image Source ]
Meski termasuk kota besar, bahkan menjadi ibu kota bagi Sumatera Selatan, bukan berarti Palembang melupakan tradisi. Kota satu ini justru masih mengembangkan kesenian khas dan melestarikannya. Salah satu seni yang masih bertahan hingga kini adalah Songket, sejenis kain yang biasanya buat dan digunakan untuk upacara pernikahan. Selain itu, ada pula tari-tarian penyambutan seperti Gending Sriwijaya.

Kulinernya nikmat

Kita sebagai masyarakat Indonesia tentu tahu jika negeri kita memiliki kuliner yang beragam. Selama ini mungkin Anda tidak asing dengan makanan khas Padang yang dijual di seluruh penjuru negeri. Anda juga tentunya tahu jika Pempek juga dijual di seluruh nusantara. Makanan khas Palembang ini memang terkenal enak dan cocok dengan lidah seluruh orang Indonesia. Namun, sebenarnya bukan hanya Pempek saja yang memiliki rasa lezat. Masih banyak makanan khas kota Palembang yang menjadi unggulan, seperti Tekwan, Mie Celor, Laksan dan lain sebagainya.

Julukannya BARI (Bersih Aman Rapi Indah)

[ Image Source ]
Memang pantas Palembang menyabet gelar BARI, sebab, pemerintah kota Palembang sendiri juga membudayakan masyarakatnya untuk tidak membuang sampah sembarangan. Dan, rupanya, jangan heran jika lingkungan tempat tinggal masyarakat sampai tempat-tempat umum terlihat sangat bersih dan bebas dari sampah berserakan.

Masyarakatnya juga baik

[ Image Soure ]
Sedikit berbeda dengan orang Jawa atau Sunda yang mudah berbaur dengan orang lain, masyarakat Palembang butuh waktu cukup lama untuk akrab dengan orang lain. Masyarakat Palembang terkenal dengan sifatnya yang berhati-hati. Mungkin pada awalnya akan terasa kaku. Namun, hal itu hanya di awalnya saja, sungguh. Jika Anda bisa membuktikan jika Anda orang baik, mereka akan lebih welcome dengan sendirinya.
Tentu saja Palembang merupakan kota yang sangat menarik untuk disinggahi ya.



You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE

Like us on Facebook