Kuliner

Empat Makanan Khas Bali yang Patut Anda Coba

10 July

Jika menyebut nama pulau Bali, yang muncul pertama kali di benak Anda adalah pemandangan indah Pantai Kuta yang penuh pesona. Memang, keindahan Bali memang tak terbantahkan. Bali merupakan lokasi wisata favorit, yang menarik banyak sekali bangsa asing. Tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia yang memiliki pulau bak surga tersebut. Namun, sebenarnya bukan hanya keindahan alamanya saja yang layak mendapat pujian. Sebab, kuliner khas Bali juga patut diacungi jempol. Yang pernah merasakan masakan khas Bali, dijamin merindukannya lagi. Dan berikut ini adalah empat makanan khas Bali yang sangat recommended untuk dicoba.

Bebek Betutu

Makanan ini memiliki rasa yang begitu lezat, bahkan Bebek Betutu menjadi makanan favorit bagi para raja di Bali. Cara mengolahnya pun lumayan rumit, yaitu bebek yang telah dibumbui haruslah dipijat-pijat terlebih dahulu. Pijatan yang diberikan akan membuat daging bebek lebih empuk dan bumbunya pun akan lebih meresap hingga ke bagian dalam. 
[ Image Source ]
Setelah dirasa selesai memberi pijatan, kemudian bebek pun dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan dipanggang dalam api sekam selama berjam-jam. Biasanya bebek betutu hanya disajikan pada saat upacara adat atau keagamaan.

Nasi Jinggo

Nasi Jinggo merupakan nasi yang dibungkus dengan daun pisang, bersama dengan lauk dan sambal. Nasi yang dibungkus tersebut pun tak banyak, biasanya hanya sebesar kepalan tangan saja. Sementara untuk lauk pauk, 
[ Image Source ]
biasanya sambel goreng tempe, serundeng, dan juga ayam suwir. Nama Jinggo sendiri berarti 1.500. Memang, sebelum krisis moneter, nasi Jinggo memang dijual dengan harga 1.500 rupiah saja.

Lawar

Lawar adalah sayur-sayuran yang direbus, kemudian diberi kelapa panggang dan daging cincang. Biasanya, daging yang digunakan sebagai campuran Lawar adalah daging babi, itik, sapi atau penyu. Sementara sayurnya, biasanya nangka muda, pepaya muda, daun jarak atau kacang-kacangan. 
[ Image Source ]
Lawar sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu Lawar putih dan Lawar merah. Un tuk Lawar merah, menggunakan campuran darah daging yang akan dijadikan campuran. Bagi Anda yang muslim, tentu dilarang menyantap makanan ini ya.

Sate Lilit


Makanan khas Bali satu ini terbuat dari daging ikan yang dihaluskan. Kemudian daging ikan yang sudah dihaluskan tersebut dicampur dengan tepung dan bumbu. 
[ Image Source ]
Setelah itu dililitkan pada batang serai. Tak hanya memiliki rasa yang nikmat, sate lilit ini juga sangat sehat karena memiliki kadar lemak yang rendah. 

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE

Like us on Facebook